Wednesday 22 April 2009

Puppet

Jadi gue itu ditugasin buat wayang sama guru kesenian gue. Wayang dari kardus gitu. Biasalah ada-ada aja ya tugas anak sekolah zaman sekarang. Yaudahlah akhirnya gue kerjain aja sebisa gue. Tapi baru aja mau mulai, gue udah menemui kesulitan..............................yaitu NGGAK PUNYA IDE BUAT KERANGKA WAYANG GUE! Aduh ada-ada aja ya masalahnyaaaaaaaaa. Yaudah tuh akhirnya gue mulai merenung (pret!), dan akhirnya gue dapet ide. Langsung aja gue tuangin ke kertas gambar !@#$^&+_)(*&#~@#%
Oh ya gue lupa ngasih tau step-stepnya. Jadi pertama itu gambarin gambar kasarnya di kertas gambar, gambarnya di buku gambar A4 dan kalo bisa gambarnya full maksudnya biar hasil wayangnya entar ga begitu kecil; terus gambarnya di gunting, pastiin gambar depan sama belakangnya sama besar ya; terus kalo udah, jiplak bolak-balik di kardus/duplex, ini tahap yang agak ribet soalnya kita harus repot gonta-ganti posisi demi mendapatkan hasil yang di inginkah; terus kalo udah lo gunting/potong pake cutter, ini merupakan bagian yang paling paling susah dan perlu menguras tenaga yang banyak; warnain pake crayon/cat air/cat minyak/pensil warna, pastiin warnain sesuai dg karakter wayang lo jgn sampe nabrak-nabrak konsepnya; terus kalo bagian badan udah selese, bagian tangannya disambung pake sedotan terus dibakar pake korek, bagian yang ini harus hati-hati soalnya kalo bercanda bisa kebakar; kalo udah bagian ujungnya tangan dibolongin terus di iket pake benang di bambunya supaya tangannya bisa digerak-gerakin terus di iket ke bambu kecil, kita bisa pake bor atau cutter buat bolonginnya; dan step terakhir adalah bolongin dada wayangnya pake bor terus iket pake benang di bambu yg buat megangnya entar; selese deh ;------)
Dan setelah kurang lebih sebulan ngerjain, inlaaaaaaaaaaaaah hasilnya:

wayang buatan gue yang sungguh sangat kreatif
Walaupun agak terlihat cacat tapi gue suka aja ngeliatnya, puas aja gitu ngeliatnya. Wayang ini gue kasih nama "wawa". Ini adalah wayang berbentuk tuyul dengan kepala yang sangat panjang. Dan entar awal bulan Mei nanti, gue bakal pentas drama gitu. Drama per kelompok (8 orang perkelompok). Wish we luck ya ;---------)

No comments:

Post a Comment