Tuesday 21 April 2009

Doughnuts to Go!

Donat (donut atau doughnuts): makanan yang digoreng, tercipta dari adonan tepung terigu, gula telur dan mentega. Bentuk yang paling umum adalah cicin dengan lubang di tengah atau bundar dengan isi seperti jelly, krim atau custard. Tapi sekarang bentuk donat sudah mulai banyak kreasinya. Dari yang bentuknya kuku beruang, persegi panjang, gelang untaian beberapa bulatan kecil, donat sekali suap sampai seperti tali yang dipilin.

Everybody's Favorite!
Donat yang sangat identik sekali dengan kebudayaan Amerika, sama halnya dengan hamburger. Sampai Amerika Utara menciptakan stereotip polisi patroli sebagai pemakan donat. Polisi sering mengunjungi toko donat yang buka sepanjang malam, karena menyediakan donat dan kopi gratis. Lebih dari itu apresiasi terhadap donat juga sampai menjadikan Homer Simpson dan Kepala Polisi Clancy Wiggum dalam film kartun The Simpson sebagai penggemar berat donat.



Doughnuts History
Asal-usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan, donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda. Cerita lain mengatakan, donat berbentuk cincin tercipta atas idekapten asal Denmark bernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua tangannya karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakannya sambil mengemudi, Ia tusukan pada roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi berlubang. Dan sekarang, kue ini dinamakan sebagai kue donat.

No comments:

Post a Comment